PEMENANG STORY TELLING RESPECT TO OTHER

Hi All MMIers,

Terima kasih atas partisipasi rekan-rekan dalam program Internalisasi Core Value – Telling Story..

Melihat antusiasme dan tulisan dari rekan-rekan, management mengapreasi atas usaha dari teman-teman untuk membuat MMI Group menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

5 Core Value yang ada di MMI yang merupakan nilai dasar seluruh karyawan, telah dituangkan dalam sebuah cerita berdasarkan pengalaman sehari-hari yang dapat menginsipirasi rekan kerja lain. Core Value yang dituangkan dalam story telling merupakan salah satu program dari internalisasi Core Value. Internalisasi Core Value tidak hanya selesai pada tahap story telling, namun juga harus dijadikan pedoman dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai yang ada pada Core Value MMI dapat sepenuhnya menjadi bagian dari diri karyawan MMI Group.

Pada hari ini, kami akan mengumumkan 3 story telling terbaik, 3 Story Telling Harapan, dan 5 Story Telling Hiburan dengan tema Respect to Other’s.

Berikut kami sampaikan informasinya;

Terbaik Ketiga (Rp. 200.000,-)

Authors                  : Fikri Nurhadiansyah

“Keluarga kecil yang besar”. Mungkin kalimat tersebut adalah sebuah ungkapan yang bisa saya gambarkan mengenai bagaiman MMI dalam berkeluarga. Tulisan yang akan saya ceritakan merupakan salah satu alasan mengapa saya menyebutkan MMI sebagai keluarga kecil yang besar.

Sebagai seorang muslim, bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling menyenangkan untuk saya dan merasakan beberapa bulan Ramadhan Bersama di MMI memberikan kesan tersendiri yang membuat saya merasa lebih dari sekedar menyenangkan. Pada saat bulan ramadhan menjelang buka puasa, biasanya beberapa perwakilan dari teman-teman akan mulai berkeliling untuk mengumpulkan uang dalam rangka patungan membeli hidangan buka puasa. Setiap orang biasanya menyumbang dengan nilai yang berbeda, ada yang 5.000, 10.000, atau bahkan sampai 50.000. 5 menit sebelum buka puasa, kami memanggil semua orang yang masih ada dikantor untuk berkumpul guna melakukan buka puasa bersama, tidak peduli ikut patungan atau tidak, muslim atau non muslim, semua kita ajak, kemudian kami mulai mengambil makanan masing-masing, biasanya dimulai dengan 3 gorengan dan 1 gelas sop buah untuk masing-masing orang, tidak peduli dia menyumbang seberasa besar pada saat patungan, jumlah tersebut yang biasanya kita ambil, hal tersebut untuk memastikan bahwa semua orang yang ada pada saat itu mendapatkan makanan secara adil, ketika semua sudah dapat dan masih terdapata sisa, biasanya kita mulai “saling menawarkan ” untuk siapa yang akan menyantap sisanya.

Dari situ saya melihat bahwa orang-orang yang bekerja di MMI terlihat sebagai keluarga, bukan hanya sebagai rekan kerja. Mungkin dari sisi jumlah, MMI masih dibisa dibilang kecil, tapi dari sisi rasa kebersamaan, saya yakin rasa kebersamaan kita tidak kalah dengan organisasi besar lainnya.

Terbaik Kedua (Rp. 300.000,-)

Author          : Iyan Sanjaya

Perbedaan merupakan suatu keindahan dalam kehidupan, berbeda suku bangsa dan agama adalah salah satu faktor yang menyebabkan perpecahan diantara manusia. Namun ketika saya masuk dalam keluarga MMI saya merasakan kehangatan dalam perbedaan, rasa kekeluargaan yang sangat melekat menjadikan perbedaan itu menjadi warna dalam keluarga ini.

Pada saat itu diruangan minimalis yang strategis saya sedang mengerjakan suatu task yang sebenarnya taks itu hampir selesai, namun tiba-tiba suara adzan pun berkumandang, saya berniat untuk menyelesaikan task itu. pikir saya “ah nanggung sebentar lagi mau selesai” tak lama setelah itu leader saya datang yang agamanya berbeda dengan saya menghampiri saya dan berkata “lu belum turun yan (ke masjid)” ucapnya sambil menepuk pundak saya “belum mas ini nanggung sebentar lagi mau selesai” jawab saya “yaudah yan lo sholat dulu aja, ntar lo lanjut lagi setelah sholat” kata leader saya. Kemudian saya turun dan berjalan menuju ke masjid dalam hati saya berkata “indahnya perbedaan tuh disini, meskipun agama kita berbeda tapi kita saling mengingatkan, menghargai dan menghormati perbedaan ini”.

Tak jarang teman yang berbeda agama saling menjerumuskan dan membuat terlena dengan kehidupan sehingga lupa akan kewajiban agamanya. Itu merupakan salah satu contoh yang sebenarnya masih banyak kejadian di keluarga MMI ini yang menggambarkan suatu keharmonisan dari saling menghargai dan saling menghormati.

Terbaik Pertama (Rp. 500.000,-)

Author          : Belda Ardelia J.

Sebuah privilege bagi kamu untuk bisa hidup dan bekerja di lingkungan dengan toleransi tinggi. Belakangan ini semakin banyak orang-orang yang terlalu ‘sensitif’. Saat diam dibilang tak peduli, berpendapat yang bersebrangan dianggap insensitive dan menyudutkan. Saya merasa mendapatkan privilege tersebut di kantor MMI ini, dimana saya bisa bekerja di lingkungan tanpa harus merasa takut dinilai dan dibedakan karena suku, ras, agama dan lainnya. Bagaimana pendapat setiap orang dihargai tanpa membuat satu orang merasa dipojokkan karena memiliki pendapat yang berbeda. Seperti saat saya memiliki pendapat yang berbada untuk design mockup tertentu, tapi perbedaan tersebut justru bisa didiskusikan dan menghasilkan design yang memang sesuai dengan kebutuhan, dan setiap orang menerima hasil tersebut karena sadar bahwa itu merupakan keputusan yang terbaik untuk semua.

Begitupun dengan adanya MMI Club. Meski disibukkan oleh berbagai deadline dan project di kantor, kita diingatkan dan disediakan wadah untuk sejenak bertindak selayaknya manusa yang saling menunjukkan kepedulian antar sesama. Bagaimana kita turut senang saat mendengar kabar bahagia dari salah seorang rekan. Begitupun bagaimana kita turut bersedih dan berusaha membantu rekan-rekan yang sedang dalam kesulitan. Dari sini saya belajar bahwa hidup bukan hanya tentang berjuang sendiri untuk mencapai tujuan pribadi, tapi hidup adalah tentang bagaimana kamu berjuang dan tidak melupakan kodratmu sebagai manusia yang hidup berdampingan dengan manusia lainnya

Selain Story Telling terbaik, berikut kami sampaikan juga informasi 5 Pemenang Hiburan dan 3 Pemenang Harapan :

3 Story Telling Harapan (@ Rp. 100.000,-)

  1. Yuhyi Wahyudin
  2. Shinta Oktriviani
  3. Rahmat Annizar

5 Story Telling Hiburan (@ Rp. 50.000,-)

  1. Syarif Hidayatullah
  2. Reni Sunjastri L.
  3. Tri Wijiyati
  4. Fenita Oktaviani
  5. Abdul Rahman

Berdasarkan Story Telling yang masuk, berikut kami sampaikan beberapa contoh perilaku yang mencerminkan Respect to Other’s yang telah dijalankan oleh rekan-rekan dalam kegiatan sehari-hari;

  • Menghargai pendapat serta kemampuan orang lain.
  • Bagaimana cara kita memposisikan diri kita dalam hal kemampuan yang dimiliki tiap individu.
  • Berusaha bagaimana membuat orang lain tidak tersinggung dengan ucapan saya dengan cara mengubah cara bicara lebih ke arah menyemangati bukan menyalahkan
  • Saling menghormati satu sama lain akan mendapatkan kenyamanan dalam bekerja.
  • Tidak mengenal adanya senioritas, walaupun saya bergabung dengan MMI belum terlalu lama. Mereka mau berbagi ilmu tanpa takut tersaingi dengan ilmu yang dibagikannya.
  • Selalu mengucapkan terimakasih untuk menghargai hasil pekerjaan yang telah dilakukan.
  • Ketika melakukan rekruitment calon karyawan untuk bekerja di MMi tidak melihat dari perbedaan tersebut namun sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Dalam berteman dilingkungan kerja, menjalin pertemanan dengan semua orang tanpa kecuali.
  • Ketika berdiskusi kami saling menghormati ide-ide satu sama lainya.
  • Selalu Menghargai Orang Lain Siapapun Itu, karena menurut saya agar kita dihargai orang lain kita harus menghargai orang lain pula, dan untuk menghargai orang lain kita tidak boleh pilih kasih, mau apapun jabatannya dan walaupun kita benci dia sekalipun kita tetap harus menghargai orang itu.
  • Terapkan 3 kata utama yaitu “Maaf, Tolong, dan Terima Kasih”
  • Memberikan support kepada seluruh karyawan tanpa membeda-bedakan.
  • Membagi tugas dan tanggung jawab pekerjaan secara adil dan tidak melihat latar belakangnya
  • Memberikan kesempatan kepada team agama lain untuk beribadah, walaupun harus menggantikan sementara posisi ybs.
  • Tidak melihat background saya, tidak melihat saya sebagai junior ataupun senior.
  • Apa yang saya rasakan di MMI ini adalah lingkungan yang kekeluargaan, toleransi, dan saling merangkul
  • Salah satu hal kecil yaitu ketika dalam satu ruangan kerja ada yang berpuasa sunnah, maka kita menghargai karena kita terkadang tidak tahu kalau dia berpuasa dengan meminta ijin, menjaga jarak saat makan siang misalnya (lunch distancing 😊).
  • Ketika membutuhkan waktu lembur (sabtu / minggu) dimana salah satu hari tersebut digunakan untuk ibadah , maka yang lainnya memfleksibelkan waktunya dalam memilh dua hari tersebut,

Terima kasih telah berpartisipasi dalam salah satu program Internalisasi Core Value – Story Telling, Kami tunggu partisipasi dari rekan-rekan untuk berpartisipasi dalam program Internalisasi Core Value Berikutnya…See U …

1 Comment

  1. Congratulation utk para pemenang dan semua yg sdh berpartisipasi. Sulit menilai siapa yg terbaik, krn semua tulisan yg masuk sangat inspiratif.

    Semoga 5 Core Value menjadi dasar bagi kita semua dalam beraktifitas di MMI group.

    Selamat utk semuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *