Disiplin terapkan 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) dan Makan di Bungkus

Salam Sehat MMIers..

Sejak diumumkan kasus pertama Covid 19 di Indonesia, kita selalu waspada akan perlindungan diri untuk menghindari Virus COVID 19 dengan selalu disiplin menerapkan 3M sebagai langkah pencegahan COVID 19, selalu menjaga imun dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga sedang secara teratur agar tubuh tetap bugar.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi cerita sekaligus mengingatkan Kembali kepada teman-teman betapa pentingnya menerapkan 3M dan Makan dibungkus. Rekan Kita Ahmad Hasnan Kemal (STS Dept.) yang akrab di panggil Kemal menerima hasil test PCR Swab Test “POSITIF”. Kami coba menggali 14 hari kebelakang aktifitas yang dilakukan oleh Kemal, Kemal selama ini selalu menerapkan 3M, namun suatu hari karna cuaca yang panas dia jajan di warung dan ngaso sehingga membuka masker dan duduk di warung tersebut. 2 Hari kemudian Kemal mulai merasakan flu dan merasa badan tidak nyaman, ketika flu sudah hilang dihari ke 4 Kemal mulai tidak dapat mencium bau minyak kayu putih, parfum dan bau lainnya, di hari ke 5 Kemal mulai kehilangan Indra Perasa, selain kedua hal tersebut Kemal juga merasakan Sakit Kepala yang hilang timbul. Dengan Gejala yang dialami Kemal, Kemal menjalankan PCR Swab test di RS Swasta dan menerima hasil Sample swab PCR Test “POSITIF”.

Dari cerita Kemal tersebut kita dapat mengambil pelajaran untuk selalu disiplin menerapkan 3M dan makan dibungkus. Kenapa makan dibungkus? Berdasarkan sumber informasi (https://www.kompas.com) Pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan, penularan Covid-19 di tempat makan berpotensi terjadi hal tersebut dikarenakan;

  1. Pada saat makan kita akan membuka Masker sehingga penularan akan lebih mudah terjadi
  2. Setelah Pelanggan pergi meja tidak segera dibersihkan sehingga ketika ada droplet dari pelanggan yang Positif COVID 19 tertinggal di meja makan dapat menjadi tempat penularan
  3. Rumah Makan Besar / Kecil masih ada yang belum menerapkan jaga jarak / sekat pembatas antar pelanggan
  4. Penjual tidak menggunakan Masker dan Face shield sehingga kemungkinan terjadi droplet pada alat makan
  5. Kurangnya Sirkulasi udara pada Rumah Makan

Marilah sama-sama kita melindungi diri kita, melindungi keluarga, melindungi teman dan orang yang kita sayangi dengan Disiplin menerapkan 3M dan Makan di Bungkus apabila tidak memungkinkan untuk membawa makanan dari rumah.

Cepat pulih kembali Kemal dan tetap semangat menjalani fase recovery..

 

Stay Safe & Healthy Guys..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *